Dr. Refly Harun, S.H., M.H., LL.M.

“Bila Hukum Muncul Beragam Tafsiran, Moralitas harus Ambil Peran”

Dr. Refly Harun, S.H., M.H., LL.M. (lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Januari 1970; umur 50 tahun) adalah seorang ahli hukum tata negara dan pengamat politik Indonesia. Ia pernah ditunjuk oleh Mahfud MD sebagai Ketua Tim Anti Mafia Mahkamah Konstitusi setelah ia mensinyalir adanya mafia hukum di Mahkamah Konstitusi.[Website Fakultas Hukum UGM, 8/9/2011. Diakses 18/4/2014.]

Pria asal Palembang ini, setelah tak jadi wartawan, meneruskan kariernya menjadi aktivis pemilu, pakar hukum tata negara, staf ahli di Mahkamah Konstitusi, hingga staf ahli Presiden dalam bidang hukum.

Keahlian Refly Harun dalam hukum tata negara tak sekadar teori di kampus, tapi praktik juga ia buktikan di lapangan. Ia terlibat aktif sebagai saksi ahli di Mahkamah Konstitusi yang menyidangkan kasus sengketa undang-undang dan Pilkada.

Kepakarannya makin lengkap setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di Indonesia dalam sidang promosi doktor ilmu hukum di Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Sabtu, 21 Mei 2016. Refly dinyatakan lulus dengan nilai yudisium cum laude.

Refly Harun lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Januari 1970. Refly mengenyam pendidikan sarjannya di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia juga aktif di kampus sebagai ketua badan eksekutif hukum, seperti tertulis di situs UGM. Setelah lulus pada tahun 1995, ia memulai kariernya menjadi wartawan. Ia menjadi wartawan di Media Group.

Di tengah perjalananannya sebagai pemburu berita, rasa intelektualnya makin membara. Dia akhirnya memutuskan berhenti dari dunia jurnaslitik dan masuk ke dunia akademesi. Ia melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Indonesia di Fakultas Hukum dan program S3-nya di di University of Notre Dame, Amerika Serikat.

Karier intelektualnya diuji di lapangan. Dia mulai menjadi nara sumber, pembicara, dan pengamat persoalan hukum tatanegara, sengketa Pilkada, dan Pilpres. Dia juga aktif sebagai konsultan dan peneliti di Centre of Electoral Reform (CETRO). Selain itu, dia menjadi staf ahli salah seorang hakim konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK). Bahkan dia pernah ditunjuk menjadi ketua tim Anti Mafia MK oleh Ketua MK Mahfud M.D.

Sejak itu namanya makin bersinar. Ia sering menjadi penulis lepas, narasumber, dan muncul di layar kaca. Pasca pemilihan presiden 2014, ia masuk staf ahli presiden. Tak lama menjadi staf ahli, ia ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
  
PENDIDIKAN
S1, Jurusan Hukum dari Universitas Gadjah Mada (1995)
S2, Jurusan hukum (MH) dari Universitas Indonesia (2002)
S3, LL.M dari University of Notre Dame, Amerika Serikat (2007)
S3, Ilmu Hukum, Universitas Andalas, Padang, 2016
 
KARIER
Ketua  Badan Eksektif Mahasiswa Hukum, UGM, 1991-1992
Wartawan, 1995
Staff ahli di Mahkamah Konstitusi (MK), 2003-2007
Pengamat Hukum Tata Negara
Konsultan Centre of Electoral Reform (Cetro), 2008
Direktur Constitutional and Electoral Reform Centre (Correct)
Staff Ahli Presiden, 2014
Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero), 2015

Sumber : https://www.viva.co.id/siapa/read/118-refly-harun-s-h-m-h-ll-m

Do You Like This Articles ? Share it ..!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*