Menu Click to open Menus
Home » Artikel » Warisan Cepat Dibagi

Warisan Cepat Dibagi

(115 Views) Desember 5, 2015 2:36 pm | Published by | No comment

sengketa-warisSekarang ini ada kecenderungan untuk mempertahankan pembagian warisa. AKibatnya tidak ada kepastian hukum dan menimbulkan sengketa dan fitnah. Maka yang lebih baik ialah warisan itu cepat diselesaikan dan diberikan pada yang berhak. Dengan demikian ada kepastian hukum, menghindari fitnah, konflik keluarga dan segi ekonomi harta yang ada bisa lebih produktif.

 

 

Asas Musyawarah dalam Pembagian Harta Warisan

asas-musyawarah

Dalam pembagian warisan lebih baik ialah dengan cara musyawarah kekeluargaan. Para pihak menyadari akan haknya, yang paling penting tercermin keadilan. Memungkinkan juga salah satu ahli waris tidak meminta harta warisan karena merasa hidupnya telah berkecukupan dibandingkan saudara-saudaranya. Menurut KHI (193), para ahli waris dapat sepakat melakukan perdamaian dalam pembagian harta warisan, setelah masing-masing menyadari bagiannya.

Tahapan penyelesaian warisan

warisan

  • Inventarisasi harta peninggalan pewaris.
  • Kemudian dihitung (yang harus dikeluarkan lebih dahulu: biaya pemakaman, hutang, pengobatan dan wasiat).

Dalam hukum kewarisan dikenal dengan asas “musyawarah”, artinya dalam pembagian warisan adalah lebih baik dilakukan dengan cara musyawarah kekeluargaan. Para pihak menyadari akan hak-haknya, yang paling penting tercermin keadilan. Bisa juga salah satu ahli waris tidak meminta harta warisan karena merasa hidupnya telah berkecukupan dibandingkan saudara-saudaranya.  Menurut Pasal 183 KHI, bahwa para ahli waris dapat sepakat melakukan perdamaian dalam pembagian harta warisan, setelah melakukan perdamaian dalam pembagian harta warisan, setelah menyadari bagiannya.

Ahli Waris Belum Dewasa

Menurut KHI (Psl. 184), apabila ahli waris belum dewasa, maka diangkat wali untuk mengurusnya.

Wasiat

wasiat

Wasiat adalah dapat dilakukan secara lisan dihadapan dua orang saksi atau dihadapan Notaris. Wasiat hanya diperbolehkan sebanyak-banyaknya sepertiga dari warisan, kecuali apabila semua ahli waris menyetujui (Psl. 195 ayat 1 dan ayat 2 KHI).  Seseorang memberi wasiat pada orang lain berwujud benda itu adalah sah secara hukum. Tapi wasiat itu sendiri dapat batal demi hukum, apabila (Psl 197 KHI) :

  • Orang yang ditunjuk menerima wasiat tidak mengetahui adanya wasiat tersebut sampai meninggalnya pewasiat.
  • Yang menerima wasiat menolak.
  • Barang yang diwasiatkan musnah.

Hibah

Kadang orangtua sangat mencintai anaknya. Untuk mewujudkan cintanya itu orangtuanya memberikan hibah pada anaknya sebagai berikut :

  • Hibah orangtua kepada anaknya dapat diperhitungkan sebagai warisan.
  • Hibah itu tidak dapat ditarik kembali, kecuali hibah orangtua kepada anaknya.

Hibah Wasiat Batal

Seorang suami menghibah wasiatkan seluruh harta gono gini pada pihak ketiga dapat dibatalkan oleh istri, jika pembuatan akta hibah itu tanpa persetujuan istrinya (Putusan MA No. 443/1983).

Kedudukan Janda

Janda adalah ahli waris. Apabila pewaris tidak mempunyai anak, maka ketentuannya sesuai dengan Yuris (542/K/Sip?1972). Dalam hal tidak ada anak, harta warisan setengah bagian untuk janda dan setengah bagian untuk keluarga suami atau seluruhnya dapat dinikmati janda selama hidupnya dan selama ia tidak kawin lagi.

Anak Angkat

Anak angkat berhak atas barang gono gini orangtua angkatnya (Yurist-637/c/Sip/1971).

Anak dalam Kandungan

Jika mau membagi warisan ternyata jandanya sedang hamil, lebih baik cara membagi warisan dengan memperhitungkan calon bayi, bagian calon bayi itu disisihkan terlebih dahulu.

Warisan Orang Hilang

Apabila ada seseorang meninggalkan tempat tinggalnya lama sekali tanpa ada beritanya, maka para ahli waris dapat meminta hakim menetapkan bahwa orang tersebut di atas dinyatakan meninggal dunia.

Foto Profil dari admin This post was written by Ulasan Seputar Hukum Bisnis Indonesia.
About

Ulasan Seputar Hukum Bisnis Indonesia.

Tags:
Categorised in:

Show notes

  • on a map
  • as thread
  • by knowledge type
  • by person
  • by date

Leave a Reply